10 Fakta Unik Seputar Bus di Indonesia
Bus di Indonesia memang terkenal memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah mempunyai desain yang mewah dan elegan. Desain pada bus tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan bagi orang-orang yang ingin sewa bus pariwisata.
Saat ini, bus yang mempunyai dek yang tinggi ditambah lagi dengan 2 kaca pada bagian tengah menjadi bus yang diminati banyak orang. Namun tahukah Anda bahwa selain desain bus yang khas, ternyata ada beberapa fakta unik lainnya. Berikut informasi selengkapnya.
Inilah Fakta Unik Bus di Indonesia
Beberapa fakta unik yang bisa Anda temukan pada bus Indonesia yaitu:
1. Mesin Tetap Menyala Saat Isi Solar
Mungkin Anda sering melihat bahwa banyak sopir bus memilih untuk tidak mematikan mesin bus ketika mengisi solar di SPBU. Tentu alasan mengapa hal ini dilakukan adalah agar AC tetap bekerja sehingga kenyamanan para penumpang akan tetap terjaga.
Akan tetapi, tidak mematikan mesin juga menjadi cara untuk menjaga performa mesin. Ketika harus menempuh perjalanan jauh, menghidupkan atau mematikan mesin perlu prosedur khusus sehingga komponen turbonya tidak rusak.
2. Terdapat Tempelan Boneka di Kaca
Fakta berikutnya yaitu tak sedikit bus Indonesia mempunyai tempelan boneka pada kaca depan. Tujuannya bukan sekadar untuk membuat tampilan bus terlihat cantik. Tempelan tersebut juga bertujuan menghibur para penumpang.
Jika Anda membandingkannya dengan bus luar negeri, sulit untuk menemukan bus yang mempunyai tempelan boneka pada kaca depan. Namun di Indonesia, Anda akan lebih sering menemukannya.
3. Klakson Telolet
Beberapa tahun lalu dan mungkin ada hingga sekarang, banyak bus di Indonesia yang menggunakan klakson telolet. Bahkan sempat viral jargon “Om Telolet Om” yang sering Anda temukan.
Ternyata bunyi telolet ini hanya Anda temukan di Indonesia. Suara klakson telolet memang sangat khas. Tidak heran bunyi tersebut menyebar luas di media sosial.
4. Tulisan Aneh dan Unik di Belakang Bus
Selain menghiasi bagian depan bus dengan boneka, masih ada hal menarik dan unik lainnya. Anda bisa melihat banyak bus di Indonesia yang memberikan berbagai tulisan aneh serta nyentrik di bagian belakang bus, tepatnya di bumper bus.
Tulisan di belakang bus mampu menarik minat banyak orang, terutama pengemudi di belakangnya untuk membaca tulisan yang unik tersebut. Untuk isi tulisannya bermacam-macam. Ada yang berupa motivasi, kata-kata lucu, pantun, dan lain-lain.
5. Kaca Depan Ganda
Fakta sekaligus tren yang masih ada hingga sekarang yaitu tren double glass atau kaca depan ganda. Mayoritas industri sewa big bus atau pembuat bus (karoseri) memiliki bus yang menggunakan konsep double glass ini.
Menurut informasi yang beredar, tren tersebut bermula dari karoseri Adiputro dari Malang. Tren kaca ganda pertama kali diperkenalkan di ajang GIIAS atau Gaikindo Indonesia International Auto Show pada 2015.
Bus di Indonesia yang mempunyai kaca ganda mempunyai ciri khas yaitu penyekat pada kaca depan. Penyekat tersebut ada yang menamainya sebagai topi atau bando. Adanya penyekat membuat bus mempunyai tampilan lebih keren karena terlihat seperti bus tingkat atau double decker.
6. Pelindung Pada Kaca Depan
Bagi Anda yang mengikuti perkembangan tren bus di Indonesia, Anda tentu pernah atau bahkan sering menemukan bus yang mempunyai tameng pelindung pada kaca depan. Tameng tersebut terbuat dari besi yang bertujuan memberikan keselamatan ketika bus sedang melaju di jalan.
Kebiasaan menggunakan tameng pada bus tetap dilakukan sampai sekarang. Apalagi untuk bus yang setiap hari harus melewati jalan yang sepi serta rawan akan tindakan kriminal. Biasanya bus-bus yang melintasi Lampung Timur menggunakan pelindung kaca depan.
7. Lampu LED
Fakta unik yang ketujuh yaitu bus-bus yang terdapat di Indonesia kebanyakan menggunakan lampu LED. Tujuan penggunaan lampu LED tersebut tentu saja bukan sekadar untuk memberikan penerangan yang lebih baik.
Seperti yang kita tahu lampu LED bisa membuat tampilan bus terlihat lebih indah. Hal ini menghadirkan daya tarik tersendiri untuk transportasi tersebut, khususnya ketika malam hari.
8. Ketika Parkir, Mesin Tetap Menyala
Bukan hanya ketika isi bensin di SPBU, mesin bus juga harus tetap menyala ketika mobil dalam kondisi sedang terparkir. Sebenarnya untuk alasan mengapa mesin harus tetap menyala tak jauh berbeda saat bus sedang isi bahan bakar.
Mematikan mesin menandakan AC yang mengalir ke kabin bus juga mati. Selain itu, memerlukan waktu cukup lama saat ingin mendinginkannya kembali. Maka dari itu, para sopir bus di Indonesia cenderung tetap menyalakan mesin meskipun parkir dalam waktu yang cukup lama.
Berbeda kasusnya ketika bus terparkir karena memang perjalanan sudah sampai. Biasanya sopir bus baru akan mematikan mesin.
9. Butuh Waktu Kurang Lebih 2 Bulan untuk Membuat Bus
Selanjutnya, untuk bisa memperoleh bus baru nyatanya tidak semudah ketika Anda membeli motor atau mobil di dealer. Karena pada dasarnya pembuatan bus di Indonesia harus berdasarkan pesanan.
Jangan heran ketika Anda ingin membeli bus ternyata stock belum ready. Anda harus melakukan pemesanan dulu ke distributor maupun produsen. Selanjutnya permintaan Anda tersebut akan diteruskan ke karoseri.
Di sinilah seluruh proses pembuatan mulai bodi, pengecatan, interior, hingga penambahan fasilitas maupun fitur dilakukan. Sementara itu, waktu pengerjaannya juga cukup lama. Untuk pembuatan bus memerlukan waktu kurang lebih 45 hari kerja (sekitar 2,5 bulan).
Namun, waktu pengerjaan bus bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama. Ini karena mungkin karoseri juga masih harus menyelesaikan pesanan bus lainnya. Jadi Anda memang harus bersabar untuk mendapatkan bus sesuai permintaan.
10. Harga Bus Bisa yang Fantastis
Apakah Anda tahu bahwa harga bus di Indonesia sangat fantastis? Harga bus tersebut ternyata memang setara dengan harga mobil-mobil sport. Biasanya, untuk 1 unit bus yang mempunyai fasilitas lengkap seperti port USB, toilet, kursi leg rest, dan sebagainya sekitar Rp2.000.000.000.
Harga tersebut kemungkinan juga bisa meningkat untuk bus tingkat dengan 3 kelas. Harganya memang sangat mahal dan ternyata setengah dari harga tersebut untuk membeli sasis.
11. Bus yang Memiliki Rute Paling Jauh
Bus bukan sekadar melayani rute antar kota, provinsi, maupun kota ke provinsi. Ada bus di Indonesia yang beroperasi dengan rute antar pulau yang tentunya mempunyai jarak sampai ribuan kilometer.
Salah satu rute paling jauh adalah Medan-Jember dengan jarak kurang lebih 2.839 km. Anda tidak perlu khawatir karena selama di perjalanan nanti Anda akan istirahat beberapa kali, termasuk istirahat untuk makan. Sopirnya juga tidak hanya satu sehingga keamanan penumpang tetap terjaga.
Sudah Paham Fakta Menarik Bus di Indonesia?
Itulah beberapa fakta menarik seputar bus-bus yang ada di Indonesia. Sebuah fakta yang sekaligus unik karena hanya Anda temukan di negara tercinta kita ini.
Bagi Anda yang sedang mencari jasa sewa bus di Indonesia yang terpercaya, Bus Discovery adalah jawabannya. Sebuah perusahaan penyewaan bus untuk pariwisata dengan layanan kualitas premium. Terdapat berbagai pilihan bus yang bisa Anda pilih sesuai budget dan kebutuhan Anda.
Bahkan Anda bisa datang langsung ke Garasi Pool untuk mengecek langsung kendaraan yang nanti Anda gunakan. Info selengkapnya Anda bisa langsung berdiskusi dengan salah satu tim Bus Discovery dengan cara menghubungi Kontak Bus Discovery.
FAQ
Apa itu bus?
Kendaraan darat yang dibuat agar bisa mengangkut banyak penumpang.
Berapa cc bus di Indonesia?
Bus regular mempunyai kapasitas mesin sekitar 6.800 cc sampai 7.000 cc. Sementara bus tronton kapasitas mesinnya mencapai 11.000 cc hingga 13.000 cc.
Dari mana asal kata bus?
Kata “bus” berasal dari bahasa Belanda, yaitu “omnibus” yang berarti “untuk semua” atau “transportasi untuk semua orang”.
Bus 3 4 namanya apa?
Bus ¾ dikenal juga sebagai bus medium atau midibus (bahasa Inggris). Jenis bus ini mempunyai panjang 6 meter sampai 10 meter.
Busdiscovery
AuthorSolusi sewa bus dengan fasilitas mewah untuk semua tujuan. Temukan bus ternyaman untuk teman perjalanan Anda hanya di Bus Discovery
yang terbaru