Header Informasi
TENTUKAN KOTA TUJUAN WISATA

Tempat Wisata Berselimut Kabut

Tempat Wisata Berselimut Kabut

Di tulis oleh busdiscovery pada Kamis, 16 Apr 2020
Tempat Wisata Berselimut Kabut

Wisata alam merupakah salah satu jenis wisata yang paling populer dan menjadi destinasi incaran para wisatawan yang mampir ke Bandung. Nah, jika membicarakan salah satu destinasi wisata alam yang cukup terkenal dan tentunya indah di Bandung, maka Tebing Keraton tidak boleh lupa untuk disebutkan nih.

 

Jika ingin mampir ke sini, kamu bisa melakukan sejumlah aktivitas seru di Tebing Keraton. Mulai dari melihat keindahan matahari terbit dan terbenam, trekking, hingga bersepada bisa dilakukan di tempat wisata yang berada di kawasan Taman Hutan Raya Bandung ini. Jadi, Tebing Keraton akan cocok banget dijadikan pilihan tempat untuk berlibur bersama teman atau keluarga.

 

Dikenal dengan wisata negeri di atas awan, Tebing Keraton memberi sensasi unik tersendiri yang memukau wisatawan. Saat berkunjung ke sini, kamu akan langsung disajikan dengan keindahan panorama yang super menarik dari dataran tinggi. Apa aja hal menarik dan keunikan yang bisa dilakukan di tempat ini?

 

1. Melihat Keindahan Hutan Dari Ketinggian

Tebing Keraton memiliki hamparan hutan yang luas lengkap dengan area pebukitan yang masih hijau. Terkadang, kabut juga menyelimuti hutan dan bukit tersebut sehingga menjadikannya sangat indah saat dilihat dari atas tebing.

 

Kamu akan mendapatkan sensasi seperti benar-benar sedang berada di antara awan bahkan kadang berselimut kabut. Jangan lupa untuk berfoto dari ketinggian tebing dengan latar belakang pemandangan ini. Hasil fotonya dijamin akan sangat menarik bak permadani indah dengan perpaduan warna hijau, putih, biru, hingga jingga oleh semburat cahaya matahari. Cocok banget untuk diposting di media sosialmu kan, ShopBackers?

 

2. Melihat Matahari Terbenam

Lokasi tebing yang menghadap ke arah barat menjadikan Tebing Keraton tempat yang sangat istimewa untuk menikmati momen matahari terbenam tanpa terhalangi bangunan seperti yang ada di kota. Hal itu tentunya disebabkan karena letak Tebing Keraton yang cukup tinggi sehingga bisa melihat keindahan matahari terbenam dengan lebih sempurna.

 

Momen sunset akan sangat memanjakan mata dengan cahaya jingga kemerahan saat matahari akan terbenam dipadukan dengan lebatnya pepohonan di hutan semakin menambah keindahan panorama matahari yang akan terbenam. Jangan lupa juga untuk mengajak orang yang kamu sayangi ya, karena menikmati matahari terbenam akan lebih spesial bersama orang yang spesial.

 

3. Panorama Matahari Terbit

Sempurna adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan Tebing Keraton, karena juga terdapat sisi tebing yang menghadap ke arah timur sehingga bisa memungkinkan untuk menikmati matahari terbit di tempat yang sama pula.

 

Kamu bisa menikmati panorama matahari yang terbit dari belakang Gunung Guntur. Pemandangan yang disajikan akan sangat indah dan menawan. Terlebih lagi saat pagi hari, di kawasan Tebing Keraton masih diselimuti dengan kabut putih. Kamu akan merasakan sensasi seperti sedang berada di negeri atas awan.

 

Untuk dapat menikmati panorama matahari terbit yang menawan, kamu harus datang sangat pagi ke tebing Keraton. Usahakan untuk datang sebelum pukul 05.30 WIB. Jika kamu telat datang melebihi pukul 05.30 WIB, bisa-bisa kamu ketinggalan momen untuk melihat matahari terbit.

 

Ketika cuaca sedang sangat cerah, kamu bisa melihat cahaya matahari yang menembus kabut di atas hutan dari tebing ini. Saat itulah kamu bisa melihat pemandangan yang super cantik dan tidak akan mudah untuk dilupakan.

 

4. Tempat untuk Bersepeda atau Trekking

Tebing Keraton tidak hanya menyajikan keindahan alam yang mempesona saja, terdapat juga jalur yang aman untuk dijadikan sebagai jalur bersepeda maupun trekking. Udara di area Tebing Keraton juga sangat segar dan sejuk yang pastinya akan menambah nyaman suasana saat sedang bersepeda atau trekking.

 

Untuk melakukan trekking, kamu bisa berjalan kaki dari Warung Bandrek dengan jarak 2 kilometer. Sepanjang melakukan trekking, kamu akan disuguhi dengan panorama hutan hijau yang indah dan menawan. Sedangkan untuk melakukan kegiatan bersepeda, kamu bisa menggunakan rute mulai dari terminal Dago.

 

5. Tempat Persinggahan Elang ketika Bermigrasi

Ada satu lagi daya tarik tebing Keraton yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan. Tebing ini ternyata juga menjadi tempat persinggahan kawanan burung ketika bermigrasi. Salah satu spesies burung yang sering terlihat singgah di sini adalah burung elang.

 

Selain burung elang, ada banyak jenis burung lainnya yang juga ikut singgah di sini. Beberapa di antaranya adalah burung Alap-alap dari China, Elang yang berjenis Oriental Honey-Buzzard yang berasal dari Siberia dan Alap-alap Nippon yang berasal dari Jepang. Burung-burung tersebut sering singgah di hutan yang ada di area tebing.

 

Musim migrasi burung diketahui lebih sering terjadi di bulan Agustus. Kamu dapat berkunjung di bulan ini jika ingin melihat sendiri kawanan burung yang sedang melakukan migrasi. Untuk bisa menikmati pemandangan ini, kamu dapat menuju ke menara pemantau yang ada di sana.

 

Kamu bisa naik ke menara pemantau dan menggunakan binokular yang sudah disediakan pihak pengelola untuk melihat kawanan burung yang sedang singgah di Tebing Keraton dengan lebih jelas.

 

6. Spot Menarik Melihat Kabut

Tebing Keraton juga menjadi tempat favorit para wisatawan untuk melihat kabut dari ketinggian. Kabut yang melayang di atas hamparan hutan membuat pemandangan hutan semakin tampak indah.

 

Saat masih pagi dan kabut masih sangat tebal, kamu bisa datang ke sini dan menikmati pemandangan yang sangat cantik dan dijamin kamu seolah melihat penampakan negeri di atas awan. Sekali lagi, momen ini bisa menjadi momen sempurna untuk menambah koleksi fotomu di Instagram.

 

7. Camping Ground Untuk Berkemah

Selain menyediakan tempat wisata agar para pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian tebing, terdapat juga fasilitas camping ground untuk kamu yang suka melakukan camping. Dengan area seluas lapangan bola kamu bisa mendirikan tenda dengan bebas. Selain itu camping ground juga dilengkapi fasilitas pendukung agar aktivitasmu lebih nyaman saat melakukan kegiatan ini.

 

Beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan di camping ground ini mulai dari toilet, gazebo yang mempunyai ukuran 3×3 meter, hingga mushola. Jika kamu ingin camping di sini tetapi tidak membawa tenda, kamu bisa langsung menyewa tenda di sini.

 

Pihak Tebing Keraton mempunyai tempat penyewaan tenda untuk para pengunjung. Untuk sewa tenda dikenakan biaya sebesar Rp40.000. Harga tersebut belum dengan peralatan tendanya. Jika kamu ingin menyewa tenda lengkap dengan peralatannya, maka kamu perlu membayar sebesar Rp140.000. Harga tersebut sudah meliputi sewa tenda, retribusi, penerangan, dan sarapan.

 

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton

Untuk bisa masuk ke kawasan Tebing Keraton, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp11.000. Kemudian untuk tarif parkir hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Harga ini tergolong sangat murah mengingat keindahan yang ditawarkan oleh Tebing Keraton tidak ada duanya.

 

Asal Mula Nama Tebing Keraton

Sudah tahu betapa memesonanya tempat ini, tahukah kamu dari mana asal nama Tebing Keraton? Meskipun disebut sebagai Tebing Keraton, tapi sebenarnya tempat wisata yang satu ini awalnya memiliki nama yang lain. Cadas Jontor atau Pasir Jontor merupakan sebutan awal untuk tempat wisata yang indah ini.

 

Cadas berasal dari bahasa Sunda yang merupakan bebatuan yang memiliki lapisan yang banyak. Lalu, pasir memiliki arti sebagai bukit dalam bahasa Sunda. Jontor sendiri merupakan sebutan untuk maju ke depan. Tebing Keraton memang mempunyai bentuk yang menyerupai bentuk bukit cadas yang bentuknya maju ke depan.

 

Namun, dengan seiring berjalannya waktu nama cadas jontor pun akhirnya diganti menjadi Tebing Keraton karena tebing ini menyuguhkan panorama alam yang sangat menawan dan indah. Selain menyuguhkan keindahan alam, nama Tebing Keraton pun terbilang unik sehingga mudah diingat oleh wisatawan.

 

Tips Berkunjung Ke Tebing Keraton

Apakah kamu sudah tertarik untuk berkunjung ke Tebing Keraton? Ada beberapa tips yang harus bisa lakukan sebelum mampir ke tempat ini. Hal ini supaya liburanmu menjadi lebih menyenangkan dan kamu tidak perlu kerepotan dengan beberapa gangguan yang mungkin bisa saja terjadi. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat akan berkunjung ke Tebing Keraton.

  • Bawa jaket

Tips yang pertama adalah sebaiknya kamu menggunakan pakaian kasual dan tidak lupa untuk membawa jaket. Karena udara yang cukup dingin sehingga kamu harus menghangatkan tubuhmu dengan jaket.

  • Berkunjunglah saat cuaca cerah

Selain itu, lebih baik kamu berkunjung saat cuaca cerah atau musim kemarau. Jika kamu berkunjung saat musim hujan, bisa jadi jalanan menjadi licin saat kamu berkunjung. Usahakan untuk menggunakan transportasi roda dua supaya lebih fleksibel dan praktis.

  • Periksa kendaraan yang digunakan dan bawa kamera

Pastikan juga kendaraanmu dalam kondisi baik dan bensin sudah terisi penuh. Selain itu, kamu juga perlu membawa kamera untuk mengabadikan momen liburanmu. Saat sudah sampai, usahakan untuk mentaati peraturan yang ada supaya keamanan dan keselamatanmu terjaga selama berlibur di sana.

Suasananya yang asri dan masih sangat alami tentunya akan membuatmu betah berada di Tebing Keraton. Selain itu, di sini juga terdapat banyak spot menawan yang bisa kamu jadikan latar untuk berfoto. Jangan lupa ajak teman atau keluarga saat datang ke tempat wisata ini. Bersama dengan orang tersayang di tempat yang indah pastinya akan memberikan pengalaman yang lebih tak terlupakan.

  • Memesan penginapan yang nyaman

Sebelum pergi berlibur tentunya kamu juga harus menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan selama liburan. Salah satu yang jangan sampai ketinggalan adalah memesan tempat menginap yang nyaman.

 

sumber : shopback

LATEST BLOG
Ditulis oleh Bus Discovery pada Minggu, 21 Jun 2020
Ditulis oleh busdiscovery pada Kamis, 16 Apr 2020
MBA LUCKY
Call & WhatsApp
081212349777
MBA LUCKY
MBA SUSAN

Call & WhatsApp
081298559822

MBA SUSAN
MAS PONCO

Call & WhatsApp

081317178117

MAS PONCO
MAS YUDI

Call & WhatsApp

087881544109

MAS YUDI
Office & Pool

Jl. Raya Tapos No. 27 RT.023 RW.12

Tapos - Depok 16951, Jawa Barat - Indonesia  

Phone : 021 - 83714410

LIHAT PETA LOKASI KAMI