Header Informasi
TENTUKAN KOTA TUJUAN WISATA

DIENG-WONOSOBO 3 HARI 2 MALAM, Menikmati Cuaca dingin layaknya di Eropa

DIENG-WONOSOBO 3 HARI 2 MALAM, Menikmati Cuaca dingin layaknya di Eropa

Di tulis oleh Aldy Hisyam pada Senin, 03 Feb 2020
DIENG-WONOSOBO 3 HARI 2 MALAM, Menikmati Cuaca dingin layaknya di Eropa

Dataran tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo ini ibarat seorang putri yang cantik nan penuh misteri. Kabut halusnya selembut sutra membuat hasrat ingin berselimut bersamanya. Hawa yang dingin menusuk kalbu membuat hati ini ingin menaklukannya. Ah pesona Dieng memang selalu membawa kita ke angan angan yang tinggi, setinggi impian-impian kita.

 

DAY 01: Jakarta - Wonosobo

Perjalanan kami saat itu dimulai dari Jakarta.  Kami berangkat di Pagi hari dengan Bus Pariwisata menuju ke kota Wonosobo. Ada beberapa pilihan kendaraan yang dapat disewa untuk menuju ke sana. Mulai dari Coaster 17 seat,  Elf long 17-19 Seat,  Medium Bus 29-31 Seat,  maupun Bigbus dengan kapasitas 47-59 seat.  Tapi ada beberapa catatan bahwa hanya kendaraan jenis Coaster dan Elf saja yang diperbolehkan naik sampai ke dataran tinggi Dieng.  Selebihnya tidak diperkenankan. Jadi setibanya di kota wonosobo kita mesti transit dan menyewa Local transport yang memang memiliki kendaraan yang sesuai dengan karakteristik medan yang ada di Dieng. 

 

Sore itu kami tiba di kota Wonosobo,  hujan menyapa di kota yang sejuk ini. Kami melanjutkan perjalanan menuju Hotel tempat kami menginap,  tepatnya di Hotel Parai Kledung Pass,  yang lokasinya ke arah temanggung. Memang sedikit agak jauh dari kota wonosobo,  namun semua itu terbayar dengan View yang sangat Indah di antara pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro. Segera kami chec-in hotel,  dan mandi air hangat. Segar rasanya dan sambil menunggu makan malam kami mencicipi minuman teh jahe hangat untuk menghangatkan badan dan menikmati suasana senja. Kamipun terlelap dalam malam yang dingin. 

 

DAY 02: Dieng Tour - Yogyakarta

Bangun pagi kami dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Sinar matahari perlahan menyapa kami. Masih dalam balutan dingin dan sapaan view gunung Sumbing dan Sindoro yang memanjakan mata. Pagi ini kami bersiap menuju ke Dataran tinggi Dieng,  moment yang kami tunggu-tunggu. Selesai sarapan pagi, kendaraan yang akan membawa kami ke Dieng sudah terparkir di halaman parkir hotel Parai Kledung Pass.  Yupz estimasi perjalanan dari hotel ini menuju ke kawasan Dieng adalah satu sampai satu setengah jam. Pemandangan yang indah terhampar sepanjang perjalanan kami menuju ke sana. Sawah menghampar dengan di selingi tanaman tembakau. Gumpalan awan di horison langit berwarna biru, benar-benar lukisan alam yang sangat sempurna.

 

Wilayah Wonosobo adalah sebuah kota Kabupaten berjarak sekitar 28 kilometer dari wilayah Dieng. Kota ini kembali kami lalui untuk menuju ke Dieng.  Sungguh perjalanan yang mengagumkan,  dimana kita akan mengunjungi sebuah dataran tinggi kedua didunia setelah Nepal. 

 

Jalan yang kami lalui berupa tanjakan dan tikungan tajam, kabut tebal juga mengiringi perjalanan kami. Pemandangan lembah dan pegunungan seolah hilang karena kabut yang menutupi sebagian jalan dan pandangan. Agak berdebar namun mengagumkan. Kita seolah berjalan di atas awan. 

 

Setelah lebih dari satu jam berlalu tibalah kami di kawasan wisata Dieng. Keberadaan gerbang Selamat Datang menandakan kami telag berada di kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Daerah ini dulunya merupakan tempat yang terpencil,  namun sekarang ramai oleh para pelancong. Selain dataran tertinggi kedua di dunia,  daerah ini adalah dataran yang terluas di Pulau Jawa. 

 

Objek pertama yang kami kunjungi adalah komplek Candi Pandawa Lima.  Candi candi yang berukuran mungil ini terlihat begitu eksotis dan rapi di kelilingi taman yang bersih terawat. Lalu kami juga mengunjungi Dieng Theatre,  sebuah gedung teater yang memutar film mengenai sejarah dan keindahan Dieng. Setelah selesai menonton film dokumenter kami mengunjungi kawah Sikidang,  disebut kawah sikidang =bahasa jawa artinya Kijang. Merujuk pada pergerakan kawah belerang di sini yang masih sangat aktif dan bergerak cepat layaknya hewan kijang. Perlu sahabat pembaca ketahui bagi yang memiliki riwayat penyakit asma untuk tidak mendekati kawah ini,  sebab asap belerang yang menyembur cukup besar dan sebab asap belerang yang menyembur cukup besar dan dapat mengganggu pernafasan bagi yang memiliki penyakit asma. So kalian harus tetap waspada. Terakhir kami mengunjungi Telaga Warna yang mempunyai dominasi warna hijau kebiru biruan. 

 

Tak sadar waktu berlalu,  hampir seharian kami disini. Waktunya kembali ke kota Wonosobo. Hari ini kami kembali ke hotel dan mengemasi barang barang kami untuk check out hotel. Sore itu kami melanjutkan perjalanan menuju kota Yogyakarta. Malam hari kami tiba di Jogkakarta langsung menghabiskan malam kami di JL.  Malioboro,  sebelum check in Hotel.

 

Day 03. Kembali ke Jakarta

Setelah Sarapan pagi di hotel kami mengunjungi satu objek wisata di Jogjakarta yaitu Kraton Yogyakarta Hadiningrat. Kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. Malam hari tiba di Jakarta dan Alhamdulillah kami tiba di Jakarta dengan perasaan bersykur,  puas hati dan bahagia. Semoga suatu hari nanti bisa kembali mengunjungi tempat tempat menarik nan eksotis di Pulau Jawa.

LATEST BLOG
Ditulis oleh Bus Discovery pada Minggu, 21 Jun 2020
Ditulis oleh busdiscovery pada Kamis, 16 Apr 2020
MBA LUCKY
Call & WhatsApp
081212349777
MBA LUCKY
MBA SUSAN

Call & WhatsApp
081298559822

MBA SUSAN
MAS PONCO

Call & WhatsApp

081317178117

MAS PONCO
MAS YUDI

Call & WhatsApp

087881544109

MAS YUDI
Office & Pool

Jl. Raya Tapos No. 27 RT.023 RW.12

Tapos - Depok 16951, Jawa Barat - Indonesia  

Phone : 021 - 83714410

LIHAT PETA LOKASI KAMI