Header Informasi
TENTUKAN KOTA TUJUAN WISATA

Kenek bus pariwisata itu penting gak sih?

Kenek bus pariwisata itu penting gak sih?

Di tulis oleh Bus Discovery pada Jumat, 04 Okt 2019
Kenek bus pariwisata itu penting gak sih?

Senyum Sapa Bantu

Kali ini kita bahas sedikit tugas seorang crew atau awak kendaraan. Sering kita sebut Helper,  atau kenek.

 

Pekerjaan dimulai sejak pagi hari sebelum berangkat,  mereka sudah stand by di dalam Garasi. Jam berapa mereka memulai kesibukanya?  Tergantung jam keberangkatan pemesan, paling pagi adalah jam 4.00 pagi.

 

Memanaskan kendaraan serta mengecek kelengkapan kendaraan. Mulai dari kebersihan eksterior maupun interior bus. Memastikan semua fasilitas berfungsi dengan baik,  seperti audio,  microphone,  cool box, safetybelt  dan lain-lainnya.

 

Setelah semua rapi Crew dan Driver kemudian berangkat menuju lokasi penjemputan yang telah di tentukan oleh konsumen/penyewa.

 

 

Tersedianya tempat parkir di lokasi penjemputan

Mencari alamat atau lokasi penjemputan juga susah susah gampang. Karena ada berbagai macam karakteristik lokasi penjemputan. Akan sangat memudahkan kerja crew apabila customer dapat berkomunikasi sejak malam sebelum keberangkatan,  mengkondisikan lokasi parkir,  keamanan tempat parkir dan sebagainya.

 

Jangan sampai lokasi penjemputan ternyata merupakan jalan yang tidak familiar untuk dimasuki kendaraan besar seperti bus. Jalan yang bukan diperuntukan untuk masuk bus.

 

Hendaknya penyewa juga memikirkan akses keluar dan masuk kendaraan,  seperti tempat untuk putar balik serta akses untuk keluar dari lokasi menuju ke jalan besar. Sebab pada umumnya keberangkatan pagi hari antara jam 7 pagi merupakan jam sibuk orang beraktivitas (terutama di hari hari kerja).

 

Begitupun di saat weekend seperti sabtu minggu.  Peserta harus memiliki informasi apakah jalan menuju lokasi penjemputan di tutup untuk aktivitas pasar pagi/bazaar misalnya.  

 

Hal hal seperti ini harus diantisipasi untuk mencari alternatif tempat parkir lain. Walaupun agak jauh dari tempat tinggal penyewa namun lebih memudahkan saat jam keberangkatan.  

 

Pada prinsipnya kami selaku manajemen Bus Discovery mempunyai kebijakan yang dibuat untuk melindungi kenyamanan Konsumen dan keamanan kendaraan.

 

Pengemudi berhak menolak jika:

1. Masuk ke Lokasi penjemputan/parkir yang sempit (yang bukan diperuntukan untuk kendaraan besar seperti bus) yang dapat merugikan pengguna jalan lain,  maupun berpotensi membahayakan kendaraan.

2. Melewati jalan yg bukan kelas jalannya. Seperti ke lokasi tujuan yang memang tidak dapat dilalui bus.

 

Sekali lagi ketentuan ini kita buat demi kenyamanan dan Keamanan Penumpang maupun kendaraan dilapangan.

 

Saat tiba di lokasi penjemputan tugas seorang  kenek yang pertama-tama adalah membuka bagasi serta pintu kendaraan. Nah biasanya nih setelah itu mereka bakal mencari tempat sarapan di sekitar lokasi. Jadi kalo kamu tiba di lokasi parkir bus,  tapi tidak menemukan si kenek dan pengemudi coba deh kamu hunting ke tukang jualan di sekitar, kalo tidak di tempat tukang nasi uduk, ya ditempat tukang bubur ayam,  atau warteg hehehe.

 

Kita selalu memotivasi mereka  supaya menyapa tamu dengan senyum dan ucapan selamat pagi/siang/malam, apabila peserta sudah mulai berdatangan.

 

Bantulah tamu untuk menempatkan barang bawaannya di bagasi. Atur yang rapi. Mempersilahkan tamu untuk masuk ke dalam bus. Saat sebelum berangkat Pengemudi hendaknya memperkenalkan diri kepada peserta melalui microphone nama nama crew yang bertugas dihari itu.

 

Jangan lupa mempersilahkan Ketua Rombongan untuk membaca doa agar senantiasa diberikan keamananan,  kenyamanan serta keselamatan sepanjang perjalanan hinggal kembali pulang.

 

Pernah lihat kenek bus ngantuk atau tertidur saat diperjalanan?

Ah ini sungguh pemandangan yang kurang artistik. Tapi kalo kamu sudah baca aktivitas dia dari sejak pagi buta tadi,  rasa rasanya kamu harus bisa maklumin ya... Kadang saking lelahnya mereka tidak sengaja tertidur juga di singgasana sebelah kiri,  alias dikursi kenek tempat favoritnya. Itupun tidak lama kok paling lama 1 jam dia udah bakalan terbangun.

 

Kadang kita suka kasian kalo ada driver yang iseng memfoto kenek yang tertidur kelelahan terus diposting di medsos dengan caption caption lucu.  Jangan ditiru ya guys...

LATEST BLOG
Ditulis oleh Bus Discovery pada Kamis, 10 Okt 2019
Ditulis oleh Bus Discovery pada Jumat, 04 Okt 2019
Ditulis oleh Bus Discovery pada Kamis, 12 Sep 2019
Call & WhatsApp
081212349777
MBA LUCKY
Call & WhatsApp
082260050706
MBA ERNA

Call & WhatsApp

081585324424

MBA TASYA

Call & WhatsApp

087881544109

MAS YUDI
Office & Pool

Jl. Raya Tapos No. 27 RT.023 RW.12

Tapos - Depok 16951, Jawa Barat - Indonesia  

Phone : 021 - 8756688, 021 - 83714410

LIHAT PETA LOKASI KAMI